Analisa SWOT Pelaku UKM Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang
Abstrak
Analisa SWOT yang tepat harus dibuat terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi lingkungan usaha para pelaku usaha kecil menengah yang berinteraksi dan berhubungan. Lingkungan usaha terdiri dari faktor internal (IFAS) dan eksterna (EFAS). Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian deskriptif ditujukan untuk mengkaji permasalahan implementasi, pada saat penelitian ini dilakukan. Berdasarkan analisis SWOT, pelaku UKM Desa Cikolelet mempunyai alternatif strategi yang dapat dipilih yaitu ekspansi pasar keluar desa Cikolelet, meningkatkan penggunan tekhnogi desain kemasan
produk dalam proses produksi, melakukan penjualan produk secara online, memanfaatkan pertumbuhan pasar wisata terutama berakhirnya era covid, penentuan produk yang unggulan yang akan diproduksi dengan massal untuk mengimbangi tingginya pertumbuhan dan permintaan dari pasar. Faktor yang lain misalnya memanfaatkan pertumbuhan jumlah penduduk sebagai pasar sasaran, menambah jumlah kantor pemasaran dengan kerjasama dengan UKM yang ada di desa Cikolelet dan kecamatan, menjaga dan meningkatkan citra dan kualitas produk dan tetap menjaga hubungan baik dengan pemasok bahan baku, penetapan harga yang lebih bersaing, produk lini yang lebih beragam sekaligus peningkatan kegiatan Promosi. Senantiasa juga melakukan perbaikan proses dan efieseinsi biaya produksi karena faktor teknologi telah merambah ke segala sektor kehidupan konsumen.
Kata Kunci: EFAS, IFAS, SWOT, Cikolelet,
.
Abstract
A proper SWOT analysis must be made first to determine the business environment conditions of interacting and related small and medium enterprises. The business environment consists of internal (IFAS) and external (EFAS) factors. The method that will be used in this research is a descriptive research method aimed at examining
implementation problems at the time this research was conducted. Based on the SWOT analysis, SMEs in Cikolelet Village have alternative strategies that can be chosen, namely expanding the market outside Cikolelet village, increasing the use of product packaging design technology in the production process, selling products online, taking advantage of the growth of the tourist market, especially the end of the Covid era, determining superior products. which will be mass produced to keep up with high growth and demand from the market. Other factors include utilizing population growth as a target market, increasing the number of marketing offices in collaboration with SMEs in Cikolelet village and sub-district, maintaining and improving the image and quality of products and maintaining good relations with raw material suppliers,setting more competitive prices. , more diverse product lines as well as increased promotional activities. We also continuously improve processes and production cost efficiency because technological factors have penetrated all sectors of consumer life.
Keywords : EFAS, IFAS, SWOT, Cikolelet
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 4dmin_jmrbi 4dmin_jmrbi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.