EVALUASI KEGIATAN PUBLIC RELATION UNTUK MENINGKATKAN CITRA BPJS KETENAGAKERJAAN PUSAT

Pudjo Sulastiono

Penulis

  • 4dmin_jmrbi 4dmin_jmrbi

Abstrak

Pembentukkan Citra pasti membutuhkan waktu yang tidak sekejap, perlu membuat beragam program berupa special event, Corporate Social Responsibility (CSR), family gathering, dan sebagainya. Kegiatan perlu dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk memberikan insight dan output pada perusahaan. Oleh karenanya, dalam penelitian ini ingin menganalisis bagaimana evaluasi kegiatan PR pada Hari Pelanggan BPJS Ketenagakerjaan Pusat yang dilakukan tahun 2019 untuk meningkatkan Citra. Analisis penelitian menggunakan konsep tahapan evaluasi PR oleh Jim Macnamara, serta faktor-faktor pembentukkan citra dari Soemirat & Ardinanto. Hasil pembahasannya menunjukkan bahwa tujuan kegiatan Hari Pelanggan Nasional adalah sebagai momentum untuk memompa semangat kinerja perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Dengan melibatkan para jajaran pengampu kepentingan untuk turut terlibat dalam melakukan kunjungan kepada peserta yang sedang dalam perawatan di sekitar Rumah Sakit (RS) daerah Tangerang. Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya, tetapi novelty atau kebaharuan kegiatan kurang terlihat secara signifikan, tidak hanya itu saja mereka yang diberikan santunan adalah pihakpihak yang terpilih saja dan tidak menyeluruh, dengan kata lain tersegmentasi. Sehingga, adanya segmentasi mapping ini pihak perusahaan sesungguhnya kurang mendapatkan insight, dimana hal ini seharusnya menjadi perhatian terkait apa yang dibutuhkan dan dicari oleh pelanggannya. Selain itu, jika suatu event hanya dilakukan secara rutinitas, dengan arti konsep yang digunakan tetap sama namun kurang novelty maka akan memberikan dampak yakni persepsi masyarakat yang bisa memengaruhi trust dan ini akan memberikan implikasi terhadap citra perusahaan.

Kata Kunci: Special Event, Evaluasi, Citra, Hari Pelanggan Nasional, BPJS Ketengakerjaan

Abstract

The formation of an image definitely takes a long time. It is necessary to create various programs in the form of special events, Corporate Social Responsibility (CSR), family gatherings, and so on. However, each of these activities needs to be evaluated which aims to provide insight and output to the company. Therefore, in this study, he wanted to analyze how the evaluation of PR activities on the Central BPJS Ketenagakerjaan Customer Day was carried out in 2019 to improve the image. The research analysis used the concept of the PR evaluation stage by Jim Macnamara, as well as the image forming factors of Soemirat & Ardinanto. The research method is a case study, with a qualitative approach. The results of the discussion indicate that the purpose of the National Customer Day activity is as a momentum to pump up the spirit of company performance to provide the best service for its customers. By involving stakeholders to be involved in making visits to participants who are currently being treated in the vicinity of the Tangerang Regional Hospital (RS). This activity is carried out every year, but the novelty or novelty of activities is not seen significantly, not only that those who are given compensation are only selected parties and are not comprehensive, in other words segmented. So, the existence of this mapping segmentation, the company actually lacks insight, where this should be a concern regarding what customers need and are looking for. In addition, if an event is only carried out routinely, meaning that the concept used remains the same but is less novel, it will have an impact, namely people's perceptions that can affect trust and this will have implications for the company's image.

Keywords: Special Event, Evaluation, Image, National Customer Day, BPJS Ketengakerjaan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-25

Terbitan

Bagian

Artikel