EVALUASI PROSEDUR PENGIRIMAN TAGIHAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN JAMINAN ASURANSI DAN PERUSAHAAN TERHADAP KELANCARAN PENAGIHAN PIUTANG PADA RUMAH SAKIT UMUM BUNDA MARGONDA DEPOK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kepatuhan melaksanakan prosedur dalam pengiriman tagihan berdampak positif terhadap kelancaran penagihan piutang perusahaan dan memperoleh informasi seberapa besar kepatuhan melaksanakan prosedur dalam pengiriman tagihan berdampak positif terhadap kelancaran penagihan piutang perusahaan. Penelitian deskriptif melalui metode evaluasi dengan meneliti kesesuaian standar operasional prosedur dengan pelaksanaannya serta membandingkan variabel X yaitu prosedur pengiriman tagihan dan variabel Y yaitu kelancaran penagihan piutang. Hasil evaluasi realisasi waktu rata rata dibandingkan dengan dengan standar operasional prosedur diperoleh hasil: Proses tagihan tahun 2017 sebanyak 9 (sembilan) hari atau 64 %, proses tagihan tahun 2018 sebanyak 11 (sebelas) hari atau 79 %, dan proses tagihan tahun 2019 sebanyak 8 (delapan) hari atau 57 %. Waktu rata-rata pengiriman tagihan tahun 2017 sebanyak 9 (sembilan) hari atau 64 %, waktu rata-rata pengiriman tagihan tahun 2018 sebanyak 10 (sepuluh) hari atau 71 % dan waktu rata-rata pengiriman tagihan tahun 2019 sebanyak 8 (delapan) hari atau 57%. Waktu rata-rata pembayaran tahun 2017 sebanyak 25 (dua puluh lima) hari atau 83 %, waktu rata-rata pembayaran tahun 2018 sebanyak sebanyak 25 (dua puluh lima) hari atau 83 % dan waktu rata-rata pembayaran tahun 2019 sebanyak sebanyak 26 (dua puluh enam) hari atau 87 %. Hipotesis H1 diterima atau kepatuhan melaksanakan prosedur pengiriman tagihan berdampak positif terhadap kelancaran penagihan piutang.
Kata kunci: prosedur pengiriman tagihan, kelancaran tagihan piutang
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 4dmin_jmrbi 4dmin_jmrbi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.