SWOT ANALYSIS SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI BISNIS LPK TIARA CIPTA, JAKARTA SELATAN

Penulis

  • Mombang Sihite Universitas Pancasila

Abstrak

LPK Tiara Cipta merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan jasa Baby sitter dan Governess. Oleh karena itu sangat penting mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan internal dan eksternal LPK Tiara Cipta dalam menghasilkan strategi bisnis apa yang tepat. Strategi bisnis memegang peranan yang penting karena digunakan oleh pemimpin perusahaan untuk menghasilkan suatu inovasi yang dapat menunjang kelangsungan hidup perusahaan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah analisis deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan data yang diperoleh melalui survey dengan cara mewanwancarai dan memberikan kuesioner kepada pimpinan. Dalam menganilisis data, dilakukan melalui tahap input dengan menggunakan Matriks Komparasi Urgensi Faktor Internal dan Eksternal (Analisis Bobot Urgensi Faktor Internal dan Analisis Bobot Urgensi Faktor Eksternal), Matriks Evaluasi Keterkaitan Faktor Internal dan Eksternal, Matrik Internal dan Eksternal, Peta Posisi Usaha, Analisis Medan Kekuatan, Perumusan Strategi (Analisis SWOT) dan tahap pencocokan dengan diagram SWOT. Total Nilai Bobot Faktor Internal kekuatan sebesar 5,02 (Strenghts), sementara kelemahan (Weaknesses) sebesar
2,39 sehingga selisih kekuatan dan kelemahan adalah 2,63. Kemudian Total Nilai Bobot Faktor Eksternal sebesar 4,23 (Opportunities) sementara ancaman (Threats) sebesar 2,20 sehingga selisih peluang dan ancaman adalah 2,03. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, LPK Tiara Cipta berada pada kuadran ke I yaitu LPK Tiara Cipta memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy).

Kata Kunci: Strategi, Bisnis, SWOT

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-09

Terbitan

Bagian

Artikel