Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Terhadap Keputusan Membeli Produk Tas (Studi Kasus Di Toko Tas Hendri Pusat Industri Kecil Penggilingan Cakung Jakarta Timur)
Abstrak
Penelitian ini ditulis oleh Surono, pada bulan Mei 2017 hingga Agustus 2017, dengan judul: Pengaruh Kesadaran Merek ( Brand Awareness) Terhadap Keputusan Membeli Di Toko Tas Hendri PIK-Cakung Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam
tentang pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan membeli Dan memperoleh hasil dari olahan data tentang seberapa besar pengaruh kesadaran merek terhadap Keputusan membeli. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini data yang diperoleh baik yang bersifat kuantitatif maupun yang bersifat kualitatif diteliti dengan menggunakan metode deskriptif, yakni dengan bentuk kajian lapangan dan survey langsung baik melalui wawancara maupun observasi berupa pengamatan langsung. Berdasarkan perhitungan dengan persamaan regresi linier sederhana antara X dan Y adalah Y = 688,26 + 0,504X......e, ini berarti apabila ada peningkatan kesadaran merek sebesar 1 poin maka Keputusan membeli akan mengalami peningkatan menjadi sebesar 688,26 + 0,504 (1) = 688,764. Sedangkan hasil dari Pengujian Hipotesis, diperoleh variabel kesadaran merek memiliki nilai sig < 0,05 artinya signifikan. Sedangkan thitung = 11,655 dan ttabel = 1,9773. Maka variabel kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Dan berdasarkan analisa koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,691 ini berarti ada hubungan kuat dan positif yang menunjukkan bahwa peningkatan kesadaran merek pada umumnya dapat meningkatkan keputusan membeli. Sedangkan hasil KD (R2) = 47,7%. Artinya 47,7% variabel independen yaitu kesadaran merek dapat menjelaskan oleh variabel dependen yaitu keputusan membeli. Sedangkan sisanya 52,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.
Kata Kunci: Kesadaran merek, keputusan pembeli
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.