Pengaruh Komptensi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor
Abstrak
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan kepemimpinan terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan kuesioner.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor yang berjumlah 43 orang. Teknik analasis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) kompetensi berpengaruh positif positif dan signifikan terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor; 2) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor. Dalam meingkatkan kinerja guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor sangat perlu diperhatikan kedua aspek dari kompetensi dan kepemimpinan, karena keduanya sangat menentukan besaran kinerja guru yang akan dihasilkan dalam bekerja di sekolah.
Kata Kunci : Kompetensi, Kepemimpinan, Kinerja
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.