PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penulis

  • Maretta Dwi Indriani Institut Tekhnologi dan Bisnis Ahmad Dahlan, Jakarta
  • Yanti Budiasih Institut Tekhnologi dan Bisnis Ahmad Dahlan, Jakarta

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilias, likuiditas, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2017 – 2021. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 94 perusahaan atau 271 data selama 5 tahun. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan path analysis. Hasil pengujian hipotesis terhadap nilai perusahaan menunjukan ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal berpengaruh secara positif dan signifikan. Sementara pertumbuhan penjualan berpengaruh negative dan tidak signifikan. Hasil analisis menggunakan path analysis menunjukan bahwa struktur modal mampu menjadi perantara dalam untuk ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Namun tidak untuk pertumbuhan penjualan.

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan, Struktur Modal

ABSTRACT

The purpose of this study was to analyze the effect of firm size, profitability, liquidity, and sales growth on firm value with capital structure as an intervening variable in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017 – 2021. The sample was selected using purposive sampling technique. The number of samples is 94 companies or 271 data for 5 years. This study uses multiple linear regression analysis and path analysis. The results of hypothesis testing on firm value show that firm size, profitability, liquidity, and capital structure have a positive and significant effect. Meanwhile, sales growth has a negative and insignificant effect. The results of the analysis using path analysis show that the capital structure is able to act as an intermediary for firm size, profitability, and liquidity to firm value. But not for sales growth.

Keywords: Firm Size, Profitability, Liquidity and Sales Growth, Firm Value, Capital Structur

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-10

Terbitan

Bagian

Artikel