Strategi pengembangan Usaha Kopi Java Arabica Preanger Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani
Abstract
Desa Margaluyu merupakan salah satu Desa di Kecamatan Pengalengan yang ada di Kabupaten Bandung Provinsi jawa Barat. Kecamatan Pangalengan menjadi sentra produksi kopi terbesar di Jawa Barat yang menghasilkan kopi arabika bermutu baik dan cita rasa excelent yang dikenal sebagai java preanger coffee. Saat ini, Desa Margaluyu yang terletak di Kecamatan Pengalengan menghadapi kendala dari sisi produksi, pemasaran, dan tidak adanya manajemen keuangan yang baik. Selain itu, pemasaran yang dilakukan ini tidak efektif dan belum meluas. Teknik pemasaran dilakukan masih secara konvensional yaitu hanya dengan menjual pada pengepul yang berdatangan ke Desa. Hal ini tentunya menyebabkan penjualan produk yang tidak maksimal dan mengakibatkan keuntungan yang diperoleh kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan usaha Kopi dalam Meningkatkan Pendapatan Petani. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif dan teknis penelitin studi kasus. Pegumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi literatur. Diharapkan dengan adanya penelitian ini terbentuk masyarakat berwirausaha yang dapat bersaing dipasaran karena memiliki Nilai Tambah pada Hilirisasi Produk Pertanian Kopi. Sebagai upaya Meningkatkan Pendapatan Petani di Wilayah
Pengalengan Jawa Barat
Kata Kunci : Strategi , Java Arabica Preanger dan Pendapatan Petani
Abstracts
Margaluyu Village is one of the villages in Canning District in Bandung Regency, West Java Province. Pangalengan District is the largest coffee production center in West Java that produces good quality arabica coffee and excelent taste known as java preanger coffee. Currently, Margaluyu Village located in Canning District faces obstacles in terms of production, marketing, and the absence of good financial management. In addition, the marketing carried out is not effective and has not been widespread. Marketing techniques are still carried out conventionally, namely only by selling to collectors who come to the village. This certainly causes product sales that are not optimal and result in unsatisfactory profits obtained. The purpose of this study is to formulate a coffee business development strategy in increasing farmers' income. This research was conducted using a qualitative descriptive design and case study research techniques. Data collection used observation, interviews and literature study methods. It is hoped that this research will form an entrepreneurial community that can compete in the market because it has added value in the downstream production of coffee agricultural products. As an effort to increase farmer income in the West Java Canning Region
Keywords: Strategy, Java Arabica Preanger and Farmer Income
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 4dmin_jmrbi 4dmin_jmrbi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.