Implementasi Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penilaian Kinerja Manager Pusat Pendapatan Pada PT Pengerukan Indonesia
Abstract
Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem akuntansi yang terdiri dari berbagai pusat pertanggungjawaban yang ada di perusahaan. Penerapan akuntansi pertanggungjawabanyang baik akan membantu manajemen perusahaan untuk menilai kinerja setiap pusat pertanggungjawaban dalampencapaian tujuan perusahaan. Suatu perusahaan membutuhkan sebuah unit kerja atau bagian yang berperan sebagai pusat pendapatan untuk meningkatkan pendapatan pada perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi akuntansi pertanggungjawaban sebagai penilaian kinerja manajer pusat pendapatan pada PT Pengerukan Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Objek penelitian ini adalah PT Pengerukan Indonesia khususnya Pusat Pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Pengerukan Indonesia telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban dapat dilihat dari adanya pembentukan struktur organisasi,proses penyusunan target penjualan, penyusunan laporan pertanggungjawaban dan penilaian prestasi. Proses penyusunan target penjualan tidak diikuti oleh manajer pusat pendapatan secara langsung tetapi target penjualan yang telah disepakatidapat dijadikan acuan sebagai penilaian kinerja manajer pusat pendapatan dan dibentuknya struktur organisasi juga untuk mempermudah manajemen dalam melakukan pengawasan terhadap setiap bidang yang ada terutama pada pusat pendapatan mengenai tercapainya atau tidak tercapainya target penjualan selama 2010-2021.
Kata kunci: Akuntansi Pertanggungjawaban, Pusat Pendapatan, Penilaian Kinerja.
Abstract
Responsibility accounting is an accounting system that consists of various responsibility centers in the company. The application of good responsibility accounting will help company management to assess the performance of each responsibility center in achieving company goals. A company needs a work unit or section that acts as a revenue center to increase revenue for the company. The purpose of this study was to determine the implementation of responsibility accounting as a performance appraisal of revenue center managers at PT Pengerukan Indonesia. This research is a type of qualitative research using descriptive analytical method. The object of this research is PT Pengerukan Indonesia, especially the Revenue Center. The results of this study indicate that PT Pengerukan Indonesia has implemented responsibility
accounting. The application of responsibility accounting can be seen from the formation of organizational structure, the process of preparing sales targets, preparing accountability reports and evaluating achievements. The process of setting sales targets is not followed by the revenue center manager directly, but the sales targets that have been agreed upon can be used as a reference as a performance appraisal of the revenue center manager and the formation of an organizational structure as well as to facilitate management in supervising each existing field, especially in the revenue center regarding the achievement or failure to achieve sales targets for 2010-2021.
Keywords: Responsibility Accounting, Revenue Center, Performance Assessment.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 4dmin_jmrbi 4dmin_jmrbi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.