Dampak Produk UMKM Yang Berlabel Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim

Authors

  • Aghnia Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis Indonesia

Abstract

Sejalan dengan program pemerintah dan adanya peraturan undang-undang mengenai jaminan dan kewajiban dari kepemilikan sertifikasi halal pada produk, maka ini menjadi daya tarik sendiri bagi pelaku usaha untuk membangun nama produk yang baik di mata konsumen . Urgensi label halal pada produk yang ditawarkan oleh UMKM sangat tinggi, khususnya bagi produk makanan. Artinya tidak hanya legalitas usaha yang dilirik oleh konsumen, tetapi label halal bagi sebagian konsumen telah menjadi pertimbangan tersendiri dalam memilih produk makanan yang hendak dikonsumsi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Dampak Sertifikasi halal terhadap minat beli konsumen pada produk UMKM . Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran yang cukup kuat dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan dianggap sebagai motor penggerak perekonomian suatu daerah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kausalitas murni atau sebab akibat, oleh karena itu dijudul diawali kata dampak. Bentuk data yang diperoleh baik yang bersifat kuantitatif maupun yang bersifat kualitatif diteliti dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif verifikatif.

Kata Kunci : Produk UMKM, Logo halal, Minat Beli

Abstracts

In line with government programs and the existence of laws regarding guarantees and obligations of ownership of halal certification on products, this is an attraction for business actors to build a good product name in the eyes of consumers. The urgency of halal labels on products offered by MSMEs is very high, especially for food products. This means that not only the legality of the business is glimpsed by consumers, but the halal label for some consumers has become a separate consideration in choosing food products to be consumed. The purpose of this study is to determine and analyze the Impact of halal certification on consumer buying interest in MSME products. Small and Medium Enterprises (SMEs) have a fairly strong role in Indonesia's economic development and are considered as the driving force of a region's economy. The research method used in this study is pure causality or cause and effect, therefore the title begins with the word impact. The form of data obtained both quantitative and qualitative is examined using the type of descriptive verifiative research.

Keywords: MSME Products, Halal logo, Buying Interest

Downloads

Published

2024-10-10

Issue

Section

Artikel