PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Widya Yunitawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis Indonesia

Abstract

Penelitian ini membahas tentang adanya komentar dalam bentuk ulasan konsumen yang membahas latar belakang mereka melakukan pembelian produk pada aplikasi shopee. Celebrity Endorsment dan Brand Image adalah salah satu dari banyak factor yang akan mendorong konsumen untuk bertransaksi online melalui aplikasi Shopee. Hal tersebut bisa berpengaruh pada faktor kepercayaan konsumen itu sendiri yang nantinya akan berpengaruh p ada keputusan untuk membeli. Hal ini membuat calon konsumen akan melakukan seperti apa yang dilakukan oleh sang idola (public Figure). Oleh karena itu, penelitian mengenai Pengaruh Celebrity Endorsement dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian penting untuk dianalisa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verivikatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode survey yaitu kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dengan teknik Non- Probability Sampling yaitu Purposive Sampling yang jumlah responden minimalnya diketahui dengan rumus Lame Show. Data yang sudah dinyatakan valid dan reliabel melalui uji instrumen diolah menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis secara simultan untuk variabel Celebrity Endorsement (X1), Brand Image (X2), memiliki pengaruh terhadap variabel Keputusan membeli (Y). Sedangkan hasil uji hipotesis secara parsial untuk variabel Celebrity Endorsement (X1) dan Brand Image (X2) berpengaruh terhadap variabel Keputusan pembelian (Y), serta Kontribusi dari Celebrity Endorsment (X1) dan Brand Image (X2) terhadap keputusan pembelian secara bersama sama sangat kuat

Kata Kunci: Celebrity Endorsement, Brand Image, Keputusan Pembelian.

ABSTRACT

This research discusses the existence of comments in the form of consumer reviews which discuss their background in purchasing products on the Shopee application. Celebrity Endorsement and Brand Image are one of the many factors that will encourage consumers to make online transactions via the Shopee application. This can influence the consumer's own trust factors which will later influence the decision to buy. This makes potential consumers do what the idol (public figure) does. Therefore,
research regarding the influence of celebrity endorsements and brand image on purchasing decisions is important to analyze. This research uses a descriptive verification method with a quantitative approach and uses a survey method, namely a questionnaire distributed to 100 respondents with a Non-Probability Sampling technique, namely Purposive Sampling, where the minimum number of respondents is known using the Lame Show formula. Data that has been declared valid and reliable through instrument testing is processed using multiple linear regression tests with the help of SPSS version 25. The results of simultaneous hypothesis testing for the variables Celebrity Endorsement (X1), Brand Image (X2), have an influence on the purchasing decision variable (Y) . Meanwhile, the results of partial hypothesis testing for the Celebrity Endorsement (X1) and Brand Image (X2) variables influence the purchasing decision variable (Y), and the contribution of Celebrity Endorsement (X1) and Brand Image (X2) to purchasing decisions together is very strong.

Keywords: Celebrity Endorsement, Brand Image, Purchase Decision.

Downloads

Published

2024-10-10

Issue

Section

Artikel