PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Niantoro Sutrisna Politeknik LP3I Jakarta
  • Hadi Purnama Politeknik LP3I Jakarta
  • Faridah Politeknik LP3I Jakarta

Abstract

Keputusan untuk melakukan pembelian merupakan sesuatu yang harus dilakukan konsumen ketika ingin memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Oleh sebab itu, perusahaan harus benar-benar memperhatikan berbagai faktor guna menarik konsumen untuk membeli produk mereka. Dengan demikian perusahaan harus mengadakan perubahan dan peningkatan dalam kualitas produk, harga dan memperkenalkan produk melalui promosi, sehingga berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli. Metode penelitian dilakukan dengan metode survei dengan deskreiptif kuantitatif. Pengumpulan sampel menggunakan teknik random samping dan data yang dikumpulkan melalui kusesioner yang disebar kepada 140 responden. Data yang sudah terkumpul dianalisa menggunakan SPSS versi 23, dan analisa data mengunakan regresi liner berganda untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace aplikasi Shopee. 2) Secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace aplikasi Shopee. 3) Secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace aplikasi Shopee. 4) Secara simultan, terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace aplikasi Shopee dengan besaran pengaruh 47,6%. Sisanya sebesar 52,4% dipengaruhi oleh faktor lain-lain.

Kata Kunci : Kualitas produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2024-10-10

Issue

Section

Artikel