ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR POTENSI KEBANGKRUTAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN (Z-SCORE) ( STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018 )

Karsimin

Authors

  • 4dmin_jmrbi 4dmin_jmrbi

Abstract

Penelitian berlangsung dari bulan Maret 2020 sampai pertengahan Juni 2020 dengan judul Analisis Rasio Keuangan untuk Mengukur Potensi Kebangkrutan Dengan Menggunakan Model Altman Z-score (Studi Kasus Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kesehatan dari beberapa perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode analisis dengan menggunakan data sekunder. Model ini dalam pengukurannya diwakili oleh rasio modal kerja terhadap total aset, Laba ditahan terhadap total aset, laba sebelum bunga dan pajak terhadap total aset, dan nilai buku modal terhadap nilai buku hutang. Hasil penelitian menunjukkan beberapa prediksi kesehatan keuangan yang berbeda – beda. PT. Darya Varia Laboratoria Tbk, PT. Kimia Farma Tbk, PT. Kalbe Farma Tbk, dan PT. Tempo Scan Tbk, mempunyai kondisi keuangan yang sehat selama periode tahun 2014 – 2018. PT. Pyridam Farma Tbk juga mempunyai kondisi keuangan yang sehat selama periode tahun 2015 – 2018 namun pada tahun 2014 sempat dalam kondisi grey area, namun karena adanya perbaikan kinerja keuangan yang baik yang dilakukan oleh PT. Pyridam pada periode berikutnya sehingga pada tahun berikutnya kondisi keuangan PT. Pyridam menjadi sehat kembali, sedangkan PT. Merck mengalami kondisi keuangan yang sehat pada periode tahun 2014 – 2017 namun mengalami penurunan keposisi grey area pada tahun 2018 dengan nilai z-score 2,38 jika tidak
ada perbaikan kinerja keuangan maka pada periode selanjutnya kemungkinan PT. Merck akan kembali mengalami kondisi yang buruk pada kesehatan keuangannya seperti periode sebelumnya. Sedangkan PT. Indofarma mempunyai kondisi keuangan yang kurang bagus dari periode tahun 2014 – 2016 sempat berada diposisi grey area dan mengalami potensi kebangkrutan pada periode tahun 2017 dan 2018 dengan nilai zscore pada tahun 2018 hanya mendapat nilai 0,858.

Kata Kunci: Kebangkrutan, Laporan Keuangan, Model analisis Altman z-score.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Artikel