KEPUASAN KONSUMEN PADA KINERJA PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN PT. CENDIKIA JAKARTA

Afriopollo Syafruddin

Authors

  • 4dmin_jmrbi 4dmin_jmrbi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Cendikia Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk data yang sifatnya kuantitatif dilakukan uji instrumen. Adapun pengujian yang dilakukan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian Validitas dilakukan untuk mengetahui apakah semua pertanyaan (instrumen) penelitian yang diajukan untuk mengukur variabel penelitian adalah valid. Pengujian Reliabilitas digunakan untuk mengukur konsistensi jawaban responden. Kriteria pengujian dilakukan dengan menggunakan pengujian Cronbach Alpha. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial kinerja pemasaran tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sementara itu kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan kinerja pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Kinerja Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

ABSTRACT

Intention of this research is to know the influence of marketing performance and service quality toward cunsumer satisfaction at PT. Cendikia Jakarta. Method Research which is used in this research is quantitative method. Usually for the quantitative will create some test like validity and reliabilities test. Test of validitys to know the validity of data and realibity test is done to know the consistency of data. Sample is counted 50 responders. Result from this research partialy marketing performance have no significant effect on satisfaction of consumer meanwhile the quality of service has significant in satisfaction of consumer. Simultaneously marketing performance and service quality have a significant to satisfaction of consumer.

Keyword: Marketing Performance, Service Quality, Consumer Satisfaction

Downloads

Published

2024-07-23

Issue

Section

Artikel