Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas, Makro Ekonomi sebagai Variabel Moderating

Authors

  • Sutardi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Meslo Pardede Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stuktur modal, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas dengan makro ekonomi sebagai variabel moderating pada sektor automotive dan komponen di Indonesia. Data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi Smart PLS program. Sampel dalam penelitian ini 9 perusahaan sektor automotive dan komponen yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2016. Hasil penelitian menunjukkan Variabel inflasi sebagai variabel moderating hanya berhasil memicu variabel struktur modal untuk meningkatkan profitabilitas. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan 69,8759% dalam kategori kuat. Variabel Nilai Tukar sebagai variabel moderating dapat memperlemah variabel struktur modal, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan untuk
meningkatkan profitabilitas perusahaan. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh terhadap Profitabilitas dengan Nilai Tukar sebagai variabel Moderating sebesar 73,8984% dalam kategori kuat. Variabel Suku bunga sebagai variabel moderating hanya berhasil memicu variabel struktur modal untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh terhadap Profitabilitas dengan Suku bunga sebagai variabel Moderating sebesar 67,8177% dalam kategori kuat.

Kata Kunci: struktur modal, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan profitabilitas dan makro ekonomi.

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of capital structure, company size, company growth on profitability with macroeconomics as a moderating variable in the automotive and component sectors in Indonesia. The data in this study were processed using Partial Least Square (PLS) with the Smart PLS program. The sample in this study were nine automotive sector companies and components listed on the Indonesia Stock Exchange in 2011-2016. The results showed that the inflation variable as a moderating 52 52 variable only succeeded in triggering capital structure variables to increase profitability. Effect of Capital Structure, Company Size and Company Growth 69.8759% in the strong category. Exchange Rate variable as a moderating variable can weaken capital structure variables, firm size and company growth to increase company profitability. The Influence of Capital Structure, Company Size and Company Growth has an effect on Profitability with Exchange Rate as a Moderating variable of 73.8984% in the strong category. Variables Interest rates as moderating variables only succeed in triggering capital structure variables to increase company profitability. The Influence of Capital Structure, Company Size and Company Growth has an effect on Profitability with interest rates as a Moderating variable of 67.8177% in the strong category.

Keywords: capital structure, company size, company growth profitability and macro econom

Downloads

Published

2024-10-09

Issue

Section

Artikel