Pengaruh Fasilitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Transaksi Nasabah Perbankan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang pengaruh fasilitas mobile banking terhadap kepuasan transaksi nasabah. Dan memperoleh hasil olahan data tentang seberapa besar pengaruh fasilitas mobile banking terhadap kepuasan transaksi nasabah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini data yang diperoleh baik yang bersifat kuantitatif maupun yang bersifat kualitatif yang diteliti dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif, yakni dengan cara wawancara dan memberikan kuesioner kepada para responden sabagai sarana untuk memperoleh data yang akurat. Hasil Penelitian menunjukkan Fasilitas mobile banking mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan transaksi nasabah karena memiliki jumlah presentasi 84,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 15.3%. Analisa korelasi memperoleh nilai r sebesar 0,920. Karena angka tersebut mendekati angka 1, maka daat disimpulkan bahwa antara fasilitas mobile banking terhadap kepuasan nasabah memiliki hubungan sangat kuat. Persamaan regresi diperoleh hasil Y = 9,345 + 0,976X, disimpulkan bahwa jika tidak ada fasilitas mobile banking, maka kepuasan transaksi nasabah tetap ada sebesar 9,345. Hipotesis dibuktikan atas koefesien regresi variabel bebas dengan uji t, diperoleh hasil bahwa koefesien variabel X terhadap kepuasan transaksi signifikan. Hal tersebut dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 12,461 > ttabel 1,701, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata kunci : Fasilitas Mobile Banking, Kepuasan Transaksi Nasabah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.