Pengaruh Customer Reviews Dan Konten Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Instagram Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Pasar Jaya Jakarta
Keywords:
Customer Review, Konten Pemasaran, Minat BeliAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam pengaruh tentang Customer Reviews dan Konten Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Instagram Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Pasar Jaya Jakarta. Metode yang digunakan adalah asosiatif/ kausalitas atau sebab akibat. Bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Jenis penelitian data kuantitatif, yakni dengan data primer melalui penyebaran kuisioner ke 100 Konsumen Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Pasar Jaya Jakarta. Hasil persamaan regresi linier berganda antara Customer Reviews dan Konten Pemasaran terhadap Minat Beli Konsumen dengan sampel 100 responden didapatkan persamaan Y = 2,728+ 0,354 (X1) + 0,573(X2). Hasil dari Pengujian Hipotesis, diperoleh variabel Customer Reviews t-hitung= 5,160 > t-tabel 1,984 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Variabel Konten Pemasaran t-hitung 7,926 > t-tabel 1,984 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, maka variabel Customer Reviews dan Konten Pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen secara parsial. Uji f yaitu, f-hitung 152,876 > f-tabel 3,09 dengan nilai sig 0,000 < 0,05, maka variabel Customer Reviews dan Konten Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen secara simultan. Hasil koefisien determinasi R2 = 0,759 (75,9%), artinya 75,9% variasi dari Minat Beli Konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yaitu Customer Reviews dan Konten Pemasaran, sedangkan sisanya 24,6% merupakan variabel bebas yang tidak diteliti.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susilo Utomo, Aan Yulianto, Susilo Triwibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.