EFEKTIVITAS IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET WISATA ONLINE MELALUI CITRA MEREK
Abstract
Penelitian ini menguji E-Commerce (toko online) khususnya online travel dalam mempengaruhi keputusan pembelian online pada citra merek berdasarkan efektivitas periklanan. Perusahaan yang bergerak di bisnis online adalah salah satunya PT Trinusa
Travelindo Traveloka.com memiliki inovasi layanan jual beli tiket online yang fokus pada online. Epic Model adalah metode yang paling akurat untuk mengukur efektivitas iklan. Pelayanan yang sebelumnya dilakukan secara onside (ofline) di masyarakat akan
dibandingkan dengan model pengukuran menggunakan Customer Response Index (CRI) dan Direct Rating Method (DRM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan keputusan pembelian online melalui citra merek berdasarkan efektivitas periklanan dengan studi epic model pada konsumen Traveloka.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dan menyebarkannya kepada responden secara online (googel form) Kemudian data diolah menggunakan smart PLS 3.2.9. Pengujian hipotesis memperoleh hasil bahwa: 1) efektivitas periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas periklanan, 2) citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.3) efektivitas periklanan adalah signifikan dan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian 4) citra merek dimoderasi dengan memperkuat pengaruh efektivitas iklan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Citra merek, kunci utama periklanan, metode epic model.
Abstract
This study examines (E-Commerce), especially online travel and refers to online purchasing decisions on brand image based on advertising effectiveness. One of online is PT Trinusa Travelindo or Traveloka, which is engaged in fields that require online and Traveloka.com has the innovation toticket buying and selling services online that focus on online.The Epic Model is the most accurate method for measuring the effectiveness of advertisements that have been served in the community compared to the measurement model using the Customer Response Index (CRI) and Direct Rating Method (DRM). This study aims to analyze and determine online purchasing decisions through brand image based on the effectiveness of advertising with the epicmodel study on Traveloka.com consumers. The method used in this research is quantitative with descriptive and causal approach. To obtain data, the researcher used a questionnaire as an instrument to collect data and distributed it to respondents online. Data was checked using smartPLS 3.2.9. The results of hypothesis testing that have been carried out show that: 1) advertising effectiveness is significant and has a positive effect on advertising effectiveness, 2) brand image is significant and has a positive effect on purchasingdecisions.3) the effectiveness of advertising is significant and has a positive effect on purchasing decisions 4) brand image moderates by strengthening the effect of advertising effectiveness on purchasing decisions.
Keywords: Brand image, advertising key, epic model method
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 4dmin_jmrbi 4dmin_jmrbi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.